[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: BERPIKIR LEBIH SEDIKIT

Rabu, 27 Maret 2013

BERPIKIR LEBIH SEDIKIT

                                        
S
aat kita berlatih pernafasan dengan kesadaran penuh, pikiran kita akan bekerja dengan lebih lambat, dan kita akan mampu mencapai kondisi istirahat yang sebenarnya. Umumnya, kita berpikir terlalu banyak, dan latihan pernafasan dengan kesadaran akan membantu kita, untuk lebih tenang, rilex dan penuh kedamaian. Latihan ini membantu kita untuk menghentikan pikiran yang terlalu banyak dan menghentikan ketakutan kita terhadap kesengsaraan yang berasal dari masa lalu dan kecemasan terhadap masa depan, la memungkinkan kita untuk mampu bersentuhan dengan kehidupan, sesuatu yang ajaib yang berada di moment saat ini. 
Tentunya, kegiatan berpikir adalah sesuatu yang penting, tapi kebanyakan dari apa yang kita pikirkan itu adalah sesuatu yang tidak berguna. Seakan‑akan, terdapat sebuah kaset di dalam kepala kita yang terus berputar, siang dan malam. Kita memikirkan ini dan itu, dan sangat sulit untuk menghentikan proses ini. Terhadap sebuah kaset, kita hanya perlu menekan tombol untuk menghentikannya. Tapi terhadap pikiran kita, kita tidak memiliki satu tombol pun. Kita mungkin saja terus berpikir dan terus mencemaskan sesuatu sampai kita tidak dapat tidur. Jika kita mengira obat tidur atau sejenis obat penenang akan menyelesaikan masalah,
maka situasinya dapat bertambah buruk, karena kita tidak benar‑benar istirahat pada saat tertidur dengan cara seperti itu, dan jika kita terus mengunakan obat‑obatan seperti itu, kita, mungkin akan menjadi sangat tergantung dengan obat‑obatan itu. Kita akan terus hidup dalam ketegangan, dan kita mungkin akan terus dihantui mimpi buruk.
Menurut metode pernafasan dengan kesadaran, saat kita bernafas, kita menghentikan proses pikiran, karena kata. "menarik" dan "menghembuskan" bukanlah sebuah proses berpikir "menarik" dan "menghembuskan" adalah kata‑kata yang membantu kita untuk tetap berkonsentrasi pada pernafasan kita. Jika kita melakukan proses pernafasan ini selama beberapa menit, kita, akan dapat mengembalikan kesegaran. Kita menyembuhkan diri kita, dan kita akan mampu berhubungan dengan segala sesuatu yang indah yang berada di sekeliling kita di saat ini. Masa lalu telah berlalu, masa depan belum terjadi. Jika kita tidak kembali pada diri kita di saat ini, kita tidak akan mampu bersentuhan dengan hidup.
Ketika kita bersentuhan dengan elemen‑elemen penyembuhan yang memberikan kesegaran, dan kedamaian yang berada di dalam diri dan sekeliling kita, kita belajar memelihara dan melindungi elemen‑elemen itu dan membuatnya tumbuh. Elemen-­elemen yang penuh kedamaian ini tersedia untuk kita setiap saat.
oleh : Thich Nhat Hanh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar