[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Jut Bio ke Tegal

Sabtu, 21 Juli 2012

Jut Bio ke Tegal

Untuk yang kesekian kalinya, saya ikut jut bio lagi, kali ini ke klenteng Tegal, dalam rangka ualang tahun Kongco Gwan Seng Cin Kun, pada jut bio kali ini dihadiri oleh 37 peserta dari berbagai kota di indonesia.
Pada hari minggunya 15 juli 2012, saat akan kirab keliling kota terpaksa menunggu sebentar, karena kebetulan pada hari ini, juga ada kirab dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, yang pesertanya dari anak-anak sekolah mulai SD sampai SMA tegal, ada sekitar 10 lebih Marching Band yang mengiringi kirab itu.
Baru pada sekitar pukul 15.00 WIB, kirab dari klenteng dimulai, kirab ini akan dilakukan sekitar 3 kali putaran, sampai jam 24.00 WIB, tetapi banyak peserta yang hanya mengikuti satu putaran saja, karena harus pulang ke kota masing-masing, jadi yang melakukan kirab sampai 3 kali putaran biasanya dari pihak tuan rumah, yaitu Klenteng Tek Hay Kiong Tegal.
Pada Malam hari sebelum kirab, juga diadakan ritual Menyeberangi Jembatan 7 Bintang, yang menurut kepercayaan bisa untuk perlindungan diri dan kelancaran rejeki. Selain itu juga ada acara Tang Sin, menginjak bara api, duduk diatas pisau, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa foto yang bisa saya ambil tentang klenteng Tek Hay Kiong dan kirabnya.
Altar Utama Perayaan

Jembatan 7 Bintang

Salah satu peserta Kirab

Peserta kirab Lian Hua Thang dari semarang

Salah satu Peserta Kirab

Altar Utama Klenteng Tek Hay Kiong Tegal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar