[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Tour ke Klenteng kawasan Pantura

Selasa, 25 September 2012

Tour ke Klenteng kawasan Pantura

Hari senin kemarin, saya diajak seorang teman untuk berwisata/ tour mengunjungi klenteng-klenteng di kawasan pantura, memang tidak semua klenteng yang bisa dikunjungi, karena keterbatasan waktu. Pada kesempatan pertama, kami mengunjungi klenteng di Welahan.
Ada Dua klenteng utama di Welahan, yang pertama klenteng yang tuan rumahnya Dewa bumi Hok Tek Ceng Sin, sedangkan yang kedua dengan tuan Rumah Dewa Hian Thian Siang Tee. Seperti klenteng-klenteng kebanyakan, dominasi warna merah selalu menyertai kehadirannya. Kedua klenteng ini terletak di area pasar welahan, sehingga jalannya selalu ramai dan padat.

Seterusnya perjalanan dilanjutkan ke klenteng di daerah Juana, Pati. Menurut keterangan penjaga klenteng Hok Tik Bio yang kami kunjungi itu, dalam satu kecamatan itu ada 4 klenteng, tapi kami hanya berkunjung ke klenteng Hok Tik Bio ini, yang terletak dekat jalan raya. Di klenteng ini ada tempat pemujaan Dewa Raja Naga Laut (Hay Liong Ong) yang diwujudkan dalam rupang seperti manusia, dan sepengetahuan saya baru disini saya lihat, Dewa Raja Naga Laut diwujudkan dalam sosok seperti manusia, karena biasanya selalu diwujudkan dalam sosok seekor naga.
Perjalanan selanjutnya menuju kota Rembang dan menuju klenteng Tjoe Hwie Kiong, di jalan Pelabuhan no. 1 Rembang. Pada waktu mengikut jut bio ke lasem saya juga pernah menginap di klenteng Tjoe Hwie Kiong ini. Setelah berdoa juga disini dan mengambil beberapa foto, kamipun pulang ke semarang dan dalam perjalanan pulang kami mampir ke klenteng Demak, yang letaknya di daerah alun-alun kota demak. Disini ada yang menarik, yaitu ada ciamsi resep obat yang bahan-bahannya dari ramuan jawa, karena biasanya kalau resep obat dari klenteng pasti bahan-bahannya ramuan china.
Dan berikut ini beberapa foto yang saya ambil selama perjalanan ini.
Gapura Klenteng Hok Tik Bio Welahan

Tampak depan Hok Tik Bio Welahan

Tampak Depan Klenteng Hian Thian Siang Tee Welahan

tampak depan Klenteng Hok Tik Bio Juana

Rupang Dewa Raja Naga Laut di Klenteng Juana

Tampak depan klenteng Tjoe Hwie Kiong Rembang

Bagian depan Klenteng Tjoe Hwie Kiong Rembang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar