[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Jut Bio akbar di Lasem

Senin, 23 April 2012

Jut Bio akbar di Lasem


Setelah minggu kemarin diadakan Jut Bio di Madiun, kali ini Jut Bio diadakan di Lasem, yang merupakan acara Ritual Budaya dan Kirab Akbar yang pertama kali diadakan di Lasem. Acara ini dalam rangka perayaan HUT Yang Mulia Makco Thian Siang Sing Bo. Acara ini dipusatkan di klenteng Tjoe An Kiong, Jl. Dasun 19 Lasem. Di Kota Lasem ini hanya ada tiga klenteng, yaitu Klenteng Tjoe An Kiong, Klenteng Poo An Bio dan Klenteng Gie Yong Bio, dan kirab akbar ini juga melewati kedua klenteng yang lainnnya.
Peserta kirab kali ini ada sekitar 53 klenteng dari berbagai kota di Indonesia, yang paling jauh dari Menado, Sulawesi. Ada juga yang dari Singkawang. Dan rombongan kirab terbesar setelah tuan rumah Lasem adalah dari perkumpulan Cahyo Buwono, Srandil; sebanyak 400 orangan yang ikut. Yang unik dari Cahyo Buwono ini adalah rupang yang dikirab adalah Eyang Semar, yang memang banyak dipuja di pulau Jawa ini. Dan selalu diiringi tembang-tembang jawa, yang syahdu juga didengarnya.
Dan seperti biasa, acara seperti ini, juga dimeriahkan dengan drumband, reog ponorogo, tarian naga, bahkan ada juga yang membawa bendera Merah Putih sebanyak 17 buah. Pada malam sebelumnya, yang juga diadakan acara pengundian kupon berhadiah dan acara lelang benda-benda yang pernah dipakai oleh Yang Mulia Makco Thian Siang Sing Bo. Kemeriahannya hampir sama seperti di madiun minggu kemarin.
Setelah selesai acara ini, kami juga bermalam di klenteng rembang. Berikut ini foto-foto yang sempat kami ambil dari acara tersebut diatas.
malam hari di klenteng Tjoe An Kiong

Panggung pertunjukkan dan hiburan

salah satu peserta kirab

salah satu peserta kirab

peserta kirab yang lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar