[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Lelaki Tua dan Tongkat

Minggu, 25 Agustus 2013

Lelaki Tua dan Tongkat

Pada suatu ketika, Sang Buddha bersemayam di Savatthi, terdapatlah sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu beserta keempat anak laki-laki mereka. Harta keluarga itu berjumlah sebanyak delapan ratus ribu keping uang.
Ketika usia anak-anak mereka sudah dewasa, mereka lalu mengatur perkawinannya dan memberikan kepada masing-masing anak sejumlah seratus ribu keping uang. Tidak lama kemudian ibu anak-anak itu meninggal dunia. Anak-anak itu mempunyai pikiran yang sama, yaitu : “Kalau ayah kawin lagi, maka harta keluarga kita akan dibagi juga kepada anak-anak dari istri mudanya dan tidak ada lagi yang tersisa untuk kita. Marilah saudara-saudaraku, kita harus membantu ayah dan menenangkan hatinya.”
Sambil menunggu waktu yang tepat, mereka lalu melayani ayah mereka dengan menyediakan makanan-makanan yang enak-enak dan pakaian terbaik. Mereka juga memijati tangan kaki serta mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga ayah mereka. Setelah mereka merasa, sekaranglah waktunya yang tepat, mereka lalu berkata : “Ayah, kami berjanji akan merawat ayah selama hidupmu, berikanlah kekayaan ayah kepada kami.”

Si ayah menyetujui permintaan anak-anaknya itu. Ia lalu membagikan kepada mereka masing-masing seratus ribu keping uang. Sekarang, laki-laki tua itu tidak mempunyai lagi uang yang tersisa untuk dirinya. Semua kekayaan yang dimilikinya telah dibagikan kepada keempat anaknya.
Untuk beberapa hari lamanya, anak laki-laki yang paling tua merawatnya dengan baik. Sampai suatu hari, ketika orang tua itu setelah mandi di sungai dan pulang ke rumah anaknya yang paling tua, menantu perempuannya sambil berdiri di depan pintu gerbang berkata kepada ayah mertuanya : “Ayah, apakah kamu memberikan kepada anakmu yang paling tua ini lebih banyak seratus atau seribu keping uang daripada yang kamu berikan kepada anakmu yang lain ? Kamu hanya memberikan kepada setiap anak dua ratus ribu keping uang. Apakah kamu tidak tahu jalan ke rumah anak-anakmu yang lain ?”
Orang tua yang mendengar kata-kata yang kasar dari menantunya menjadi marah dan berkata : “Kamu ini perempuan jahat, tukang fitnah !”
Ia lalu pergi ke rumah anaknya yang kedua. Tetapi beberapa hari kemudian ia mengalami hal sama di rumah anaknya yang kedua. Ia lalu pindah lagi ke rumah anaknya yang ketiga. Tidak lama kemudian ia pindah lagi ke rumah anaknya yang bungsu, hal yang sama dialami pula. Pada akhirnya, karena anak-anaknya tidak mau merawatnya lagi, ia tidak mempunyai lagi tempat untuk berteduh dan meminta makanan dari rumah ke rumah, ia terlunta-lunta.
Lalu ia menemui Sang Buddha dan menceritakan semua yang dialaminya. Sang Buddha lalu memberikan nasehat : “Baiklah saudara, pelajarilah syair ini. Apabila orang-orang sedang berkumpul bersama di ruangan besar dan anak-anakmu ada diantara kerumunan orang-orang itu, katakanlah di depan mereka syair ini :

Saya sangat menyayangi anak-anak saya
Saya amat bahagia ketika mereka lahir
Tetapi sekarang, karena dipengaruhi oleh istri mereka
Mereka mengusir saya

Mereka adalah raksasa-raksasa
Yang menjelma menjadi anak-anak saya
Mereka membuang saya
Di usia saya yang sudah tua ini

Kalau seekor kuda
Sudah menjadi tua
Pemiliknya akan berhenti
Memberinya makan

Hal yang sama juga terjadi
Pada diri saya
Saya harus mengemis makanan
Dari rumah ke rumah orang lain

Tongkat saya lebih berguna
Daripada anak-anak saya
Tongkat ini mengusir kerbau liar
Dan anjing galak

Di kegelapan malam
Tongkat ini selalu berada di depan saya
Yang menuntun saya untuk menghindari
Lubang-lubang yang dalam
Dengan bantuan tongkat ini
Saya tidak jatuh ke dalam lubang.

Ketika orang tua itu tiba di kerumunan orang-orang yang sedang berkumpul dan anak-anaknya juga ada diantara kerumunan itu, ia lalu mengulang syair yang diajarkan Sang Buddha. Orang-orang yang mendengar syair itu menjadi marah kepada keempat anak laki-laki dari orang tua itu.
Mulai sejak itu berlakulah suatu hukum kemoralan. Apabila seseorang yang telah dirawat oleh ayah dan ibunya dan ia tidak mau merawat kembali ayah dan ibunya yang sudah tua, maka orang itu harus mati.
Anak-anak dari orang tua itu dengan ketakutan segera berlutut di hadapan ayah mereka, memohon ampun kepadanya, supaya mereka tidak dihukum mati, dengan berkata : “Ayah ampunilah segala kesalahan kami. Selamatkanlah jiwa kami.”
Orang tua yang mendengar anak-anaknya memohon ampun atas segala kesalahan mereka, menjadi lemah hatinya, ia lalu berkata kepada kerumunan orang-orang itu : “Tuan-tuan, jangan bunuh anak-anak saya ini, mereka sudah berjanji akan merawat saya dengan baik.”
Kerumunan orang-orang itu lalu berkata kepada keempat anak laki-laki itu : “Tuan-tuan, apabila mulai hari ini kalian tidak merawat ayah kalian dengan baik, kami akan membunuh kalian.”
Keempat anak laki-laki itu amat ketakutan, mereka lalu menggendong dan mendudukkan ayahnya di sebuah kursi, lalu membawanya pulang. Mereka lalu membersihkan tubuh ayahnya, memandikan dan memberinya bedak dan minyak wangi.
Setelah itu mereka lalu berkata kepada istri mereka masing-masing : “Mulai sekarang kamu harus selalu merawat ayahku dengan baik, kalau kamu menolak, aku akan menghukummu.”

Cerita ini mengandung pesan yang cukup penting, bahwa seorang anak harus merawat orang tuanya yang sudah tua dengan penuh kasih, seperti orang tua merawat anaknya dengan kasih sayang yang tidak mengenal batas..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar