[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Menyebarkan gosip

Sabtu, 20 April 2013

Menyebarkan gosip


Di suatu kota tinggallah seorang wanita setengah baya yang sangat dikenal masyarakat disitu. Wanita ini punya kebiasaan buruk yang sangat menonjol, yaitu suka menyebarkan gosip yang menceritakan kejelekan-kejelekan orang lain. Sampai-sampai ada seseorang yang mengatakan pada seorang pemuka agama, “Pak, kalau bapak ingin mengabarkan berita kepada semua orang, bapak tidak perlu pasang di surat kabar atau lewat radio, tetapi cukup ceritakan pada wanita itu, maka dalam sekejab saja, seluruh kota akan mendengarnya !”
“Wah, sampai sehebat itu kah ?” tanya pemuka agama itu dengan terkejut.
Suatu saat wanita itu tersadar dan menyesali sikapnya yang keterlaluan sehingga merugikan banyak orang. Akhirnya ia datang kepada pemuka agama itu dan bertanya, “Pak, saya ingin supaya apa yang pernah saya lakukan, yaitu menyebarkan gosip dapat saya perbaiki dan cerita-cerita tentang orang-orang yang saya jelek-jelekkan dapat dibetulkan, bagaimanakah caranya ?”
Lalu pemuka agama itu mengambil bulu-bulu ayam dan menyerahkannya kepada wanita itu.
“Untuk apa bulu-bulu ini ?” tanya wanita itu setengah keheranan.
“Letakkan buku-bulu ini di sepanjang jalan kota, lalu setelah selesai kembalilah kesini !” kata si pemuka agama itu.
Dengan taat, wanita itu melakukannya dan setelah habis, ia kembali ke rumah pemuka agama itu.

“Nah, sekarang, ambillah kembali bulu-bulu yang kamu letakkan di sepanjang jalan tadi dan bawalah kepadaku,” kata pemuka agama itu. Wanita itu melakukannya, tetapi pulang dengan kecewa, karena tak satupun bulu yang didapatkannya, sebab angin telah menerbangkan bulu-bulu itu.
“Pak, saya tidak bisa mendapatkannya kembali. “ kata si wanita itu.
“Demikianlah halnya dengan gosip. Bila sudah tersebar, angin akan menerbangkannya dan sulit untuk mengembalikannya seperti semula,” kata pemuka agama itu dengan bijaksana. “Oleh karena itu, hati-hatilah dalam menggunakan lidah dan mulut.”
Semoga semua makhluk berbahagia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar