[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Ubi jalar, pangan super kaya manfaat

Kamis, 25 April 2013

Ubi jalar, pangan super kaya manfaat


Anda semua pasti telah mengenal ubi jalar, dan jika anda memakannya, dipastikan anda akan buang gas beberapa kali. Buang gas setelah makan ubi adalah hal yang jamak, karena ubi jalar merupakan salah satu umbi-umbian yang mengandung banyak serat, yang selama ini diyakini banyak membantu sistem metabolisme tubuh.
Pada ubi jalar terkandung serat makanan dan yarapin, yaitu unsur yang dapat mempercepat pengeluaran faeses. Ubi jalar merupakan obat mujarab untuk menghilangkan sembelit.
Ubi jalar tidak hanya mengandung serat, tetapi juga mengandung betakaroten, yang  berfungsi sebagai antioksidan yang kuat, berikut perbandingan kandungan beta karoten pada beberapa macam ubi, Ubi jalar putih mengandung 260 mkg (869 SI) betakaroten per 100 gram, ubi merah yang berwarna kuning emas tersimpan 2900 mkg (9675 SI)  betakaroten, ubi merah yang berwarna jingga 9900 mkg (32967 SI). Makin pekat warna jingganya. makin tinggi kadar betakarotennya yang merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh.  Secangkir ubi jalar merah kukus yang telah dilumatkan menyimpan 50000 SI betakaroten, setara dengan kandungan betakaroten dalam 23 cangkir brokoli.
Yang menggembirakan perebusan hanya merusak 10% kadar betakaroten, sedangkan penggorengan atau pemanggangan dalam oven hanya 20%. Namun penjemuran menghilangkan hampir separuh kandungan betakaroten, sekitar 40%. Menyantap seporsi ubi jalar merah kukus/rebus sudah memenuhi  anjuran kecukupan vitamin A 2100  3600 mkg sehari, didukung pasukan zat gizi lain. Selain betakaroten, warna jingga pada ubi jalar juga memberi isyarat akan tingginya kandungan senyawa lutein dan zeaxantin, pasangan antioksidan karotenoid. Keduanya termasuk  pigmen warna sejenis klorofil merupakan pembentuk vitamin A.

Lutein dan zeaxantin merupakan senyawa aktif yang memiliki peran penting menghalangi proses perusakan sel. Ubi jalar merah juga kaya vitamin E.  Dari 2/3 cangkir ubi merah kukus yang dilumatkan diperoleh asupan vitamin E untuk memenuhi kebutuhan sehari. Satu buah sedang (100 g) ubi jalar merah kukus hanya mengandung 118 kalori, 1/4 kalori sepotong black forest cake. Zat gizi lain dalam ubi jalar merah adalah kalium, fosfor, mangaan dan vitamin B6. Jika dimakan mentah ubi jalar merah menyumbang cukup vitamin C. Makan 1 buah sedang ubi jalar merah mentah sudah memenuhi 42 % anjuran kecukupan vitamin C sehari.
Dibanding dengan havermut (oatmeal), ubi jalar merah lebih kaya serat, khususnya oligosakarida. Menyantap ubi jalar merah 2 3 kali seminggu membantu kecukupan serat. Apabila dimakan bersama kulitnya menyumbang serat lebih banyak lagi.
Berikut ini beberapa manfaat ubi jalar :
1. Untuk kekebalan tubuh, karena mengandung banyak antioksidan, maka ubi jalar merupakan penguat imun yang hebat.
2. Mengatasi peradangan, ubi jalar sangat efektif mengatasi radang-radang baik internal maupun eksternal. Seperti radang lambung, Ubi jalar menimbulkan efek nyaman di lambung dan usus halus. Vitamin B kompleks dan vitamin C, beta karoten, kalium dan kalsium sangat efektif meredakan radang lambung. Selain itu, serat yang dikandung ubi jalar bisa mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam, karena itu akan menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung. Anti peradangan dan kandungan yang menenangkan dari ubi jalar juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan lambung.
3. Mengatasi asma dan bronchitis.
4. Menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
5. Mengatasi masalah pencernaan, Ubi jalar mempunyai kandungan serta yang tinggi. Selain itu, ubi jalar juga mudah untuk dicerna serta baik untuk lambung dan usus halus.
6. Mengatasi artrithis, Kandungan beta karoten, magnesium, seng dan vitamin B kompleks membuat ubi jalar sebagai pilihan yang tepat untuk mengatasi arthritis. Air rebusan ubi jalar bisa dioleskan pada persendian untuk meredakan sakit akibat arthritis. 
7. Menyembuhkan kanker, Kandungan beta karoten, antioksidan dan anti karsinogen utama, yang merupakan penyebab warna pada kulit ubi jalar serta vitamin C, sangat penting untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker. Terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal dan kanker pada organ dalam lainnya.
8. Mengatasi Diabetes, Pengidap diabetes seringkali dihimbau untuk menghindari makanan yang manis. Hal ini tidak berlaku pada ubi jalar. Makanan satu ini sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Tetapi, tidak berarti kalau pengidap diabetes bisa makan ubi jalar tanpa aturan. Tetapi, mereka bisa mengganti asupan nasi atau karbohidrat mereka dengan ubi jalar.
9.  Menambah berat badan, Ubi jalar berasa manis serta mengandung karbohidrat kompleks disertai vitamin dan mineral yang mudah dicerna. Karena itu, ubi jalar merupakan sumber energi dan efektif untuk membangun otot-otot. Untuk Anda yang tidak percaya diri karena tulang-tulang menonjol ke permukaan kulit, cobalah mengkonsumsi makanan super ini. Cara ini tidak menghasilkan efek samping apapun sehingga lebih aman daripada mengkonsumsi suplemen pembangun otot.
10.  Mencegah sakit liver dan mempercepat penyembuhannya, ubi jalar terutama ubi ungu, mengandung antosianin yang juga merupakan antioksidan kuat untuk menjaga sel liver dari aktivitas unsur asam.
11.  Menurunkan tekanan darah tinggi, kandungan kalium pada kulit ubi jalar dapat menurunkan tekanan darah rata-rata 10 mm/Hg.
12.  Ubi jalar juga efektif menghentikan ketergantungan pada rokok, minuman serta narkotika tertentu. Selain itu, juga sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah vena dan arteri. Konsentrasi beta karoten yang tinggi serta fosfor sangat baik bagi kesehatan mata dan kardiovaskular.
Bagaimana dengan daun ubi jalar ? Berikut ini, beberapa manfaat dari daun ubi jalar :
1.    Untuk menaikkan Trombosit pada penderita demam berdarah.
2.    Untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu-ibu yang sedang menyusui.
3.    Untuk mengatasi diabetes.
Caranya dengan merebus seikat pucuk daun ubi jalar, dengan air secukupnya dan jadikan kira-kira seliter air rebusan, airnya diminum sehari-hari. Sedangkan daun hasil rebusannya bisa untuk lalapan atau lauk makan.
Berikut ini ada Terapi jus ubi yang baik untuk macam-macam penyakit.
Bahan-bahan :
50 gr Ubi. Bila ada ubi ungu lebih baik.
1 sendok teh madu
1 sendok teh air lemon
100 ml air matang
Cara membuat :
Cuci bersih ubi, lalu rebus hingga matang. Kupas kulitnya atau sekalian dengan kulitnya dihaluskan dengan saringan, masukkan air lemon dan madu, lalu air, aduk terus hingga rata, atau anda dapat menggunakan blender dan kulitnya tidak usah dikupas, karena kandungan kalium pada kulitnya sangat bermanfaat.
Demikian keterangan singkat tentang khasiat ubi jalar dan daunnya, harga ubi jalar pun sangat murah dan berlimpah khasiatnya, tidak ada salahnya anda mencoba pangan super kaya manfaat ini kan ?

1 komentar:

  1. infoyang sangat bagus tuk menabah -nambah ilmu untuk ane nih makasih.met sore

    BalasHapus