[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Jampi yang sangat manjur

Jumat, 03 Mei 2013

Jampi yang sangat manjur


Suatu ketika seorang anak muda menginginkan gadis yang diimpikannya untuk membalas cintanya. Ia mencoba mengirim bunga dan hadiah, tapi gadis itu tidak memberikan tanggapan apapun. Setelah mencoba berbagai cara dan gagal mendapatkan cinta gadis itu, ia akhirnya memikirkan suatu rencana : Jampi Cinta. Ia pergi ke sebuah vihara dan membujuk bhikku disana untuk memberinya jampi seperti itu.
“Maaf, disini tak ada, apa yang disebut jampi cinta,” kata seorang bhikku, “Jika gadis itu tak tertarik padamu, cobalah cari yang lain.”
Namun anak muda itu terus mendesak, bahwa ia hanya menginginkan cintanya. Karena tak berhasil membujuk anak muda itu, bhikku tersebut mencoba cara lain. “Baiklah,” katanya, “Bawalah minyak ini. Kalau engkau melihatnya pagi-pagi sekali, oleskan minyak ini di dahinya.”
Hari berikutnya, anak muda itu bangun pagi-pagi sekali dan dengan tak sabar menunggu gadis pujaannya keluar dari rumah. Sewaktu gadis itu keluar dengan sapu di tangannya untuk membersihkan halaman rumah, anak muda itu berlari ke arahnya, dan mengoleskan minyak ke dahi sang gadis pujaan.

Gadis itu tidak cuma kaget tapi kemudian menjadi sangat marah. Ia mengejar anak muda itu, dan memukulnya dengan sapu. Anak muda itu memperoleh pelajaran pahit tentang jampi cinta, dan memutuskan untuk mengalihkan cintanya pada gadis lain yang menyukainya. Sebenarnya, akibat insiden ini, ia menjadi cukup bijaksana untuk menikahi gadis yang sungguh-sungguh mencintainya.
********
Sebagian orang jatuh cinta pada pandangan pertama dan hidup bahagia sampai akhir hayat. Sebagian lagi jatuh cinta pada pandangan pertama, hanya untuk menyadari bahwa semua itu cuma nafsu dan menyesalinya di kemudian hari.
Namun bagi sebagian besar lainnya, cinta butuh waktu untuk tumbuh, karenanya jika cinta tidak mekar seketika, kita tidak seharusnya berkecil hati terlalu dini. Ada pepatah yang mengatakan bahwa hati yang lemah tak akan memenangkan gadis pilihan. Ini bermakna,
orang yang terlalu mudah menyerah tak akan bisa mendapatkan orang yang ia inginkan.
Sebagian orang berhasil bersikap dewasa dan perlahan-perlahan menarik perhatian orang lain dengan kasih sayang, timbang rasa, keteguhan, dan cinta mereka atas orang lain. Orang mesti tidak menjadi egois dalam mewujudkan perasaannya pada orang lain. Bagaimanapun juga, emosi manusia, seperti semua benda alam yang lain, akan berubah.
Jika orang bersikap baik, akan selalu ada kesempatan bagi orang lain untuk menyadari nilai-nilai baiknya untuk kemudian menumbuhkan perasaan hangat untuknya, dan semua ini perlu waktu.
Namun, harus ada batas dalam usaha mendapatkan hati orang lain, terutama bila jawabannya jelas ‘TIDAK’. Jika demikian halnya, kita seharusnya tidak melangkah terlalu jauh dalam mengungkapkan cinta kita. Orang mesti mengakui hak orang lain untuk mengambil keputusannya sendiri dan menghormati keputusan itu. Tak ada undang-undang bahwa cinta seseorang terhadap orang lain harus dibalas.
Untuk situasi dimana cinta seseorang bertepuk sebelah tangan, adalah yang terbaik jika kedua belah pihak mendoakan kebahagiaan masing-masing pihak, dan tetap menjadi teman tanpa menimbulkan gangguan atau kesusahan pada kepribadian masing-masing.
Semoga semua makhluk berbahagia..
Disadur dari buku “Hidup sukses dan bahagia, tanpa takut dan cemas” karangan: K. Sri Dhammananda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar