[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Terong ungu, si kontroversial yang kaya manfaat

Kamis, 09 Mei 2013

Terong ungu, si kontroversial yang kaya manfaat


       Ada mitos yang sering beredar di masyarakat, katanya jika makan terong ungu, terutama untuk pria, bisa menyebabkan impotensi, sehingga para pria jarang yang menyukainya, padahal hal itu keliru besar, karena ternyata terong ungu memiliki banyak manfaat, bahkan untuk stamina pria.
      Tidak ada bukti, memakan terong akan menurunkan kemampuan seks pria. Apalagi, hal itu belum ditemui dalam penelitian ilmiah murni, jelas Dr. Waluyo Soerjodibroto, Ph.D., DSG, ahfi gizi dari UI.
      Lanjutnya, terong yang memiliki zat tertentu, dapat menurunkan kolesterol. Artinya, memakan terong secara bersamaan dengan makanan berkolesterol, malah membuat kolesterol dalam makanan itu menurun. Tetapi, itupun bila terong disajikan dengan cara direbus atau kukus. Karena terong yang diberi bumbu yang dimasak dengan menggoreng, apalagi dimasak dengan santan, maka hilang semua khasiatnya, Yang ada hanya rasa nikmat di lidah.
      Terong pencegah kanker, tapi kebanyakan makan terong pun akan mematikan sel-sel, hingga menimbulkan kanker. Tapi orang juga tidak akan makan sebanyak-banyaknya, kata Waluyo.Bahkan, miskinnya sumber kalori pada terong: enerji 17.4 kal, 1.2 gr protein, lemak 0.2 gr, kolesterol 0.0 mg, vitamin (A, B1, B2, B6 dan C) antara 0.0 mg hingga 2.8 mg serta potassium 187.0 mg dan kandungan air 92.5 gr, ternyata membuat terong bisa dipakai untuk memelihara kelangsingan tubuh, mengendalikan stres, karena kandungan senyawa solanin yang dalam jumlah tertentu, bisa mengendurkan urat-urat saraf atau mempertahankan darah agar tidak naik-turun secara drastis.

Ada beberapa manfaat terong yang terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat terong tersebut adalah sebagai berikut:
Menghambat kerusakan pembuluh darah.
Manfaat terong ini dapat kita peroleh karena buah terong memiliki kemampuan untuk menekan dan mengatasi arterosklerosis atau bisa juga disebut sebagai buah penetral kerusakan pembuluh arteri.
Dengan adanya kemampuan ini, buah terong dapat mengatasi timbunan lemak dan mengatasi gangguan transportasi darah pada pembuluh arteri. Terong juga dikenal sebagai salah satu makanan yang sehat untuk Jantung.
Mengobati sakit pinggang
Manfaat terong ini telah banyak dibuktikan oleh masyarakat Korea. Mereka mengeringkan buah terong dan mengonsumsinya untuk mengatasi sakit pinggang yang meliputi pinggang kaku, nyeri, encok, dll.
Mengatasi epilepsi
Terong memiliki kandungan skopolamin, striknin, skoparon, dan skopoletin sehingga dapat membantu mengatasi penyakit epilepsi beserta gejalanya yang meliputi gugup/sawanan, hingga kekejangan saraf.
Mengatasi Kanker dan Sebagai Kontrasepsi
Buah terong merupakan buah yang sangat bagus untuk membantu mengurangi serangan kanker. Buah ini mengandung tripsin (protease)inhibitor yang dapat melawan zat pemicu kanker. Jus terong yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi kerusakan yang terjadi pada sel yang mengalami penyimpangan kromosom/terkena kanker.
Buah terong memang dikenal dapat menjadi antikanker. Di Nigeria, masyarakatnya menggunakan terong sebagai kontrasepsi untuk para pria. Mereka meyakini bahwa terong dapat mengatasi gugup. Hal ini terbukti setelah dilakukan penelitian dengan memberikan makanan terong ke hewan marmut.
Mengatasi kelebihan berat badan atau untuk diet.
Serat dalam terong dapat membuat kita tidak mudah lapar dan membantu mempercepat proses metabolisme tubuh. Selain itu juga terong dapat membantu dalam proses pembakaran lemak di tubuh, jadi bagi anda yang merasa banyak lemak ayo mulai sekarang coba makan terong.

Makanan Otak.

Fitonutrien yang ditemukan dalam terong dapat membantu perkembangan otak kita dan melindungi membran sel dari berbagai kerusakan. Bagi anda yang memiliki anak dan jika ingin agar otak anak anda lebih aktif, maka coba masukkan terong ke dalam sayuran mereka.

Mengatasi Diabetes.

Makanan tinggi serat seperti terong dan juga rendah karbohidrat sangat baik bagi penderita diabetes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, jika kita konsumsi terong secara teratur maka kadar gula kita juga akan menurun dan stabil. Jadi khususnya penderita diabetes coba anda buktikan sendiri.

Berikut ini bermacam-macam resep dari terong ungu untuk mengatasi penyakit-penyakit :
1. Untuk mengatasi hipertensi
250 gram terong ungu
Tahu dan kacang kedelai secukupnya
Dibuat masakan sesuai selera kemudian dimakan
2. Mengatasi hepatitis
250 gram terong ungu telah dipotong-potong
30 gram rambut jagung
100 gram akar alang-alang
Direbus dengan air secukupnya, setelah disaring diminum airnya
3. Mencegah dan mengobati kanker
250 gram terong ungu
10 gram jamur hioko (dapat dibeli di supermarket)
10 gram jamur kuping hitam
100 gram udang segar
Semua bahan ditumis dan dimasak
4. Melancarkan peredaran darah
250 gram terong ungu
25 gram jamur putih kering (terlebih dulu direndam air hingga lembut)
200 gram akar teratai
Dimasak sesuai selera
5. Mengatasi radang usus
250 gram terong ungu
30 gram krokot segar
Direbus dengan air 600 cc hingga menjadi 300 cc, setelah ditambah gula secukupnya lalu diminum
6. Mengatasi penyakit bronchitis
• 60 gram akar terong kering
10-15 gram teh hijau
Campurkan bubuk akar terong dengan 10-15 gram teh hijau, minum selagi hangat
• 250 gram terong ungu
25 gram jamur putih kering (terlebih dahulu direndam hingga lembut)
Minum airnya, sedang terong dan jamur putihnya dimakan
7. Untuk mengatasi penebalan dinding pembuluh darah
250 gram terong ungu
30 gram rumput laut
10 gram jamur kuping hitam
Dibuat sup atau makanan lain menurut selera
8. Mengatasi diabetes
250 gram terong ungu, ditambah labu kuning, waluh kenthi dan pare, dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan
9. Mengatasi gusi berdarah
250 gram terong ungu
100 gram akar teratai
Dimasak sesuai selera lalu dimakan
10. Mengatasi wasir
Keringkan tangkai terong ungu, lalu digiling menjadi bubuk
Campurkan 3 grram bubuk tangkai terong, jus lidah buaya dan bubuk gambir secukupnya, lalu dioleskan ke bagian yang sakit
11. Mengatasi tangan yang sering kesemutan
30 gram terong tunas direbus dalam 500 cc air, biarkan sampai air menjadi 250 cc, kemudian diminum.
12. Rematik dan radang sendi
60 gram akar terong ungu, 15 gram jahe merah, 20 gram, temulawak direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 150 cc. Lakukan 2 kali sehari. Atau gunakan 60 gram akar terong ungu dicuci bersih, 20 gram kencur diiris-iris, 30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc disaring dan diminum iarnya selagi hangat.
13. Menurunkan Kolesterol 
250 gram terong ungu, 30 gram rumput che chai, 20 gram jamur hioko yang telah direndam hingga lembut dan dibuat menjadi tumisan. Konsumsikan secara bervariasi. Atau resep lainnya : 1 Buah terong ungu, 7 lembar daun salam, 50 gram daun ceremai direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc lalu disaring dan diminum selagi hangat.
14. Meningkatkan Gairah Seksual.
250 gram terong ungu, 100 gram daging ayam, 100 gram kunci, bawang bombai, dibuat menjadi tumisan. Konsumsi secara teratur dan bervariasi. Dianjurkan untuk mengkonsumsi terong ungu yang dimasak sesuai selera secara bervariasi. Sebaiknya pengkonsumsian terong ungu setiap hari tidak lebih dari 250 gram.
Demikianlah manfaat-manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi terong ungu dan tidak ada salahnya jika kita mencobanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar