[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Wortel, sayuran sarat manfaat.

Sabtu, 25 Mei 2013

Wortel, sayuran sarat manfaat.


Siapa yang tidak kenal wortel, pasti semua orang sudah tahu tentang wortel, sayuran yang sering dipakai untuk membuat sup, bistik, acar, dan sebagainya. Wortel yang nama latinnya adalah Daucus carota merupakan tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur serupa kayu. Diantara jenis sayur lainnya, wortel termasuk sayuran yang paling digemari banyak orang, baik itu dewasa maupun anak – anak. Citarasanya yang manis dan teksturnya renyah, cocok sekali dijadikan hidangan yang menyehatkan. Jika anda tidak suka sayuran kesukaan kelinci ini, anda termasuk kelompok yang merugi. Sebab, anda banyak kehilangan manfaat yang diberikan wortel bagi kesehatan.
Apa saja kandungan gisi yang ada pada wortel ? berikut ini, kandungan gisi pada tanaman wortel :

Biji Wortel : mengandung flavonoid, minyak atsiri, termasuk asaron, pinen, limonen, asam tiglat, azaron, dan bisabol, meristisin yang berkhasiat memberikan efek aprodisiak.
Daun Wortel : mengandung paspirine suatu zat yang dapat merangsang kelenjar pituitary (kelenjar di bawah otak) yang memberikan perintah untuk melepaskan hormon seks. Zat-zat yang terdapat pada wortel sangat dibutuhkan dalam memicu fungsi kerja kelenjar endoktrin, khususnya kelenjar adrenalin dan kelenjar kelamin, juga berkhasiat menyuburkan sistem reproduksi.
Sedangkan umbi wortel kandungan nilai gizi dan kalori per 100 g bahan segar :
Kalori 42,00 kal, Protein 1,20 g, Lemak 0,30 g, Karbohidrat 9,30 g, Kalsium 39,00 mg, Fosfor 37,00 mg, Besi 0,80 mg, Natrium 32,00 mg, Serat 0,90 g, Abu 0,80 g, Vitamin A 12,000,00 si, Vitamin B-1 0,06 mg, Vitamin B-2 0,04 mg, Vitamin C 6,00 mg, Niacin 0,60 mg, Air 88,20 g. Sumber : Direktorat Gizi, Depkes RI (1981) dan Food and Nutrition Research Center Handbook No.1, Manila (1964)

Konon, orang-orang Yunani dan Romawi yang pertama kali mempublikasikan manfaat wortel ini. Dan informasi mengenai manfaat wortel ini didapat dalam buku-buku mereka yang telah ditulis sejak 230 tahun sebelum masehi. Tamanan wortel tumbuh secara liar tersebar di kawasan kepulauan asia tengah, lalu bagian asia timur dan menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia dan yang paling pesat di jawa barat.

Berikut ini Khasiat Tanaman Wortel :
1. Mampu mencegah kanker.
Dibandingkan dengan sayuran lain, wortel paling banyak mengandung beta karoten, rata - rata 12.000 IU ; para ahli menganjurkan 15.000 - 25.000 IU perhari. Ini terkait kandungan tinggi beta karoten yang mampu mencegah penyakit kanker, karena sifat antioksidannya yang melawan kerja destruktif sel - sel kanker. Disamping itu beta karoten membantu sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan "killer cell" alami.
Mengkonsumsi 250 ml jus wortel setiap hari, terutama pada pagi hari sebelum makan akan membantu kesehatan usus besar dan membantu pertahanan tubuh dari resiko kanker, terutama kanker paru, laring, protat, kantung kemih dan cervix (leher).
2. Memperbaiki sistem pencernaan
Warna kuning/oranye dari wortel menunjukkan kandungan karotin. Jus wortel memiliki efek terhadap kesehatan. Minum jus wortel juga bagus untuk efek pembersihan liver dengan kandungan vitamin A yang ada dalam sayuran ini. Vitamin A mengurangi empedu dan lemak di dalam liver
3. Mencegah rabun senja dan Memperbaiki penglihatan:
Karoten juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai vitaminosis A, dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja. Resep mengatasi rabun senja : 2 batang wortel dicuci diparut. remas dengan 2 sendok air matang. Peras dan saring. Beri madu supaya lebih enak, kemudian diminum. Lakukan ini 3x sehari. Resep untuk mata minus : minum air rebusan wortel atau makan wortel mentah. Bisa juga memarut 7 buah wortel, dan beri sedikit air matang. Kemudian peras dengan kain. Minum air perasannya 1x sehari.
4. Menurunkan kolesterol darah :
Didalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Dengan adanya kandungan kalium dalam wortel, dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin didalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan, orang-orang yang mengkonsumsi wortel secara teratur, memiliki kemungkinan terkena kanker paru-paru lebih kecil, meskipun ia perokok. Hasil penelitian di Scotlandia pada tahun 1979 menunjukkan orang sehat yang makan 7 ons wortel mentah setiap hari, kadar kolesterol darahnya turun sampai 11%.
5. Menurunkan tekanan darah tinggi :
Kandungan mineral yang terdapat dalam wortel adalah kalium. Untuk mineral berfungsi menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu tekanan darah serta membantu menetralkan asam dalam darah. cara mengatasi Mengatasi hipertensi:
Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.
6. Mengkonsumsi wortel selama 3 minggu, dapat menurunkan resiko serangan jantung sekitar 22%. Mengkonsumsi wortel paling sedikit 5 kali seminggu dapat menurunkan resiko terkena stroke sebesar 68%. Bagi yang sudah terlanjur terkena stroke, vitamin A pada wortel dapat mencegah cacat pasca stroke. Dalam 100 gram wortel diketahui mengandung 12.000 S.I vitamin A.
7. Mengatasi luka bakar:
Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.
8. Mengatasi nyeri haid:
250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu blender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.
9. Mengatasi sembelit :
Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.
10. Menghaluskan wajah dan menghilangkan jerawat :
Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas. Kandungan beta karoten dalam wortel memberikan khasiat wortel yang sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel baru pada permukaan kulit dan membuang racun yang disebabkan oleh bakteri ataupun kuman yang salah satunya adalah bakteri penyebab timbulnya jerawat. Juga bisa untuk menyamarkan noda hitam/flek di wajah, resepnya :  4 buah wortel dan 5 sendok makan madu. Caranya adalah wortel di blender kemudian dicampurkan dengan madu,oleskan pada wajah dan diamkan hingga 10-15 menit. Kemudian Kita bersihkan dengan air dingin.
11. Meningkatkan sistem imun tubuh :
Wortel juga dapat melindungi tubuh dari serangan virus berbahaya yang terbawa oleh udara. Caranya dengan membuat sup wortel yang terdiri dari wortel dicampur biji ketumbar, karena menurut penelitian campuran wortel dan biji ketumbar memang dapat memperkuat tubuh dari serangan virus berbahaya.
12. Mencegah Diabetes :
Khasiat wortel sangat baik untuk mengatur kadar gula darah, ini karena  wortel mengandung karotenoid. Kandungan ini sangat baik untuk mengatur hormon insulin dan mengontrol gula darah agar lebih rendah sehingga terjauh dari  penyakit diabetes.
13. Meningkatkan kesuburan bagi keluarga muda :
Bagi pasangan muda yang belum mempunyai keturunan, bisa dicoba resep berikut ini : 3 ons wortel diblender dengan campuran 1 buah apel dan 0,5 kg taoge. Atau resep ini : 4 buah wortel import, 2 buah apel malang, 2 buah tomat; dibuat jus (diambil air/sarinya saja) diminum berdua.
14. Mengatasi demam pada anak-anak :
200g wortel dicuci, diparut dan diperas sampai keluar sarinya. Air perasannya direbus dan diminum.
15. Mengatasi cacingan:
keringkan 5 wortel, dan tumbuk/parut sampai menjadi bubuk. Seduh dengan air secukupnya. Minum 2x sehari, 5g setiap kali minum.
16. Mengatasi batuk:
sebatang wortel dibersihkan, diparut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Beri sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2x sehari.
17. Untuk perawatan rambut :
Ambil 3 buah wortel, parut dan diperas untuk diambil sarinya. Air perasan wortel tersebut usapkan pada kulit kepala hingga merata, setelah itu bungkus dengan handuk atau shower cap, diamkan semalaman. Paginya keramas seperti biasa dan bilas rambut sampai bersih. Lakukan hal ini dengan rutin, niscaya rambut menjadi indah menawan. Menurut penyanyi Rossa, paduan jus  buah kiwi, apel dan wortel, bisa untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut.

Demikianlah segudang manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi wortel, tetapi ada baiknya juga dalam mengkonsumsi tidak berlebihan, karena bisa menyebabkan kulit jadi kuning, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar