[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Khasiat dan manfaat kopi

Kamis, 10 Mei 2012

Khasiat dan manfaat kopi


Kopi memiliki nama ilmiah Coffea robusta Linn. ex De Wild. Kopi merupakan tanaman perdu yang dapat tumbuh hingga mencapai kurang lebih 5 meter. Tanaman kopi dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan. Oleh karena itu sudah sejak lama tanaman ini dibudidayakan dan digunakan sebagai bahan dasar minuman kopi. Apa saja khasiat kopi ?
Tanaman kopi memiliki batang yang keras dan berwarna putih keabu-abuan. Daunnya mengkilat, berbentuk bulat telur dengan tepian rata dan pangkal yang tumpul.
Bunganya merupakan bunga berjenis majemuk, warnanya hijau, berbentuk payung, kelopaknya terbagi lima bagian. Mahkota bunga berbentuk bintang dan berwarna putih. Benang sari bunga kopi berjumlah lima dengan tangkai sari berwarna putih.
Kepala sari warnanya hitam dengan putik panjangnya 3 cm. Sedangkan kepala putik berwarna putih dan cokelat. Buah kopi sendiri bentuknya bulat telur. Ketika muda berwarna hijau dan saat matang dan tua berwarna merah. Biji berbentuk bulat telur, berbelah dua dan keras.


Bagian Mana yang Bermanfaat dari Kopi ?
Bagian yang bermanfaat dari tanaman kopi adalah kulit batang dan buahnya.

Apa Saja Khasiat dan Manfaat Kopi ?
Berikut Khasiat Kopi atau Manfaat Kopi :
Biji kopi dan secangkir kopi
     1.    Kopi berkhasiat untuk mencegah penyakit Jantung / Stroke
Kopi mempunyai suatu kandungan yang dapat mencegah terjadinya jantung dan stroke, itupun sudah diperkuat dengan suatu penelitian sekitar kurang lebih 83000 wanita yang mempunyai usia 24 thn lbih. Dari penelitian itu wanita yang meminum 1-2x sehari secangkir kopi mempunyai peluang 19 persen lebih sedikit terserang resiko Penyakit jantung dan stroke dibandingkan yang tidak minum kopi.
     2.    Kopi Berkhasiat mencegah penyakit kanker
Menurut riset minum kopi tiap secara tidak berlebih dapat mencegah ternjadinya berbagai macam penyakit kanker.
     3.    Kopi bisa melindungi gigi
Kopi yang mengandung kaein memiliki kemampuan antibakteri dan antilengket, sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang menggerogoti lapisan gigi. Minum kopi secangkir setiap hari terbukti dapat mencegah risiko kanker mulut hingga separuhnya. Senyawa yang ditemukan di dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA.
     4.    Kopi dapat mencegah penyakit saraf
Peminum kopi berkafein cenderung tidak akan mengembangkan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kandungan antioksidan di dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan Parkinson. Sedangkan kafein akan menghambat peradangan di dalam otak, yang kerap dikaitkan dengan Alzheimer.
     5.    Kopi bermanfaat untuk melindungi kulit
Minum 2-5 cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 persen. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel-sel prakanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.
     6.    Kopi bermanfaat untuk mencegah diabetes
Orang yang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi reguler atau kopi decaf (dengan kadar kafein yang dikurangi) akan menurunkan risiko mengembangkan diabetes tipe II hingga 30 persen. Asam klorogenik dapat membantu mencegah resistensi insulin, yang merupakan pertanda adanya penyakit ini.
Itu beberapa manfaat kopi bagi kesehatan, yang bisa menangkal beberapa macam penyakit, kandungan utama dari kopi ini adalah Kafein, itupun dari beberapa macam atau jenis kopi berbeda-beda yaitu : Kopi Instan (2,8 - 5) Persen, Kopi Moka (1,00) Persen, Kopi Robusta (1,48) Persen, Kopi Arabika (1,10) Persen. Itu beberapa tingkat kandungan dari beberapa jenis kopi.
Memang bener kata mbah surip banyakin ngopi :-) tapi ingat jangan sampai berlebih karena semua itu kalau berlebih mempunyai efek yang buruk. Juga bagi yang sudah menderita hipertensi dan penyakit jantung serta maag, sangat tidak disarankan minum kopi, konsultasikan dulu dengan dokter anda. Demikian ulasan mengenai khasiat kopi / manfaat kopi.
Bagi yang ingin mencoba dan membeli kopi luwak kualitas ekspor dengan harga yang cukup terjangkau, silahkan klik disini. 

Semoga semua makhluk berbahagia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar