[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Meditasi, tujuan dan manfaatnya

Kamis, 03 Mei 2012

Meditasi, tujuan dan manfaatnya


Sudah banyak orang yang mendengar tentang meditasi dan bahkan sudah banyak yang mempraktekkannya, tidak masalah aliran kepercayaan apapun yang dianutnya, karena meditasi memang bermanfaat terutama dalam menghadapi  kehidupan yang semakin serba cepat dan terburu-buru.
Sekarang ini, ada banyak cara meditasi yang diajarkan dan dipraktekkan, karena dari berbagai aliran kepercayaanpun sudah banyak yang melakukannya, karena itu timbul macam-macam jenis meditasi. Tidak peduli apapun namanya, yang penting tujuan meditasi adalah untuk mengendalikan pikiran dan memfokuskan pada satu obyek tertentu, dengan tujuan agar bisa mencapai ketenangan dan kedamaian pikiran dan hati. Meditasi tidak menimbulkan efek samping, tetapi yang sering terjadi, adalah setelah bermeditasi dengan benar dan mantap, hati nurani ini menjadi lebih jernih dan bersih, sehingga bisa menimbulkan sensasi-sensasi tertentu, yang sering dianggap orang sebagai indera keenam atau kemampuan supranatural.
Disini, saya tidak akan membahas meditasi dengan lebih detil, karena selain saya sendiri juga masih pemula dalam hal meditasi, dan ternyata sudah banyak pula yang membahas tentang meditasi dari berbagai cara dan aliran, untuk itu bagi anda yang ingin belajar lebih banyak tentang meditasi, bisa mendatangi pusat-pusat pelatihan meditasi, baca buku-buku meditasi, dan sebagainya.

Lalu apa manfaat meditasi ? Dari yang saya baca di buku-buku atau mendengarkan ceramah dari pemuka-pemuka agama, manfaat meditasi antara lain, baik untuk kesehatan, bahkan bisa menyembuhkan macam-macam penyakit, juga bisa mengurangi dan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti mudah marah, tidak sabar, kebencian, dendam, iri hati, dan sebagainya. Dan yang terutama, dengan melakukan meditasi yang benar, kesadaran kita akan meningkat dan selalu sadar setiap saat.
Berapa banyak kita sadar setiap harinya ? Coba anda ingat-ingat, betapa seringnya saat kita makan, sambil memikirkan hal-hal lain, dan tidak bisa menikmati makanan yang sedang kita makan. Juga pada aktivitas-aktivitas lainnya.
Jika kita belajar sendiri meditasi, bagaimana kita tahu, sudah benar atau tidak ? Yang terpenting, coba anda rasakan, apakah dengan bermeditasi itu anda jadi lebih sabar, tidak suka marah, selalu memancarkan cinta kasih terhadap sesama dan tidak membenci siapapun, juga pikiran dan hati jadi lebih tenang, damai, fokus dan tidak mudah stres dan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya juga  berkurang/hilang, itu artinya anda sudah berhasil dalam latihan meditasi anda. Tapi kalau masih tetap atau bahkan kebiasaan-kebiasaan buruk malah bertambah, berarti cara latihannya masih salah.
Selama ini, pengertian orang tentang meditasi, adalah duduk diam selama beberapa waktu dan tidak bergerak. Hal itu tidak salah juga tidak benar, karena meditasi tidak hanya dilakukan dengan duduk diam saja, bisa saja dengan berjalan, tiduran, juga ada yang mengkombinasikan dengan pembacaan doa-doa, lagu dan bahkan tarian-tarian. Semuanya boleh saja, asalkan menghasilkan kebaikan bagi diri sendiri dan makhluk lain.
Bagi yang ingin mendalami meditasi lebih lanjut, bisa mencarinya di internet, cukup dengan mengetikkan kata 'meditasi' di search engine Google atau Yahoo. Maka akan tampil meditasi berbagai macam aliran dan cara, silahkan pilih sesuai keinginan anda sendiri.
Ada sebuah tempat pelatihan meditasi yang nyaman dan baik, silahkan klik disini.
Semoga semua makhluk berbahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar