[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Berkunjung ke dokter mata

Selasa, 01 Mei 2012

Berkunjung ke dokter mata

Hari ini saya pergi ke dokter mata mengantar ibu periksa mata, kebetulan dokternya lagi mengoperasi  seseorang di rumah sakit, jadi harus menunggu sampai hampir 2 jam lamanya. Sempat jenuh juga, tapi kemudian terpikir juga, ini bisa digunakan untuk melatih kesabaran, jadi ya dijalani saja. :-)
Pada saat menunggu, ada beberapa pasien yang saling kenal dan kemudian cerita tentang operasi katarak, yang  satu bercerita bahwa seharusnya setelah dioperasi bisa langsung melihat, sedangkan yang lainnya merasakan setelah dioperasi kok masih agak buram, makanya ke dokter mata.
Dari pembicaraan-pembicaraan itu, saya tahu bahwa sekarang ini biaya untuk berobat sangat mahal, karena untuk operasi katarak dengan menggunakan laser membutuhkan biaya sekitar 8 juta rupiah, belum lagi untuk beli obatnya. Ternyata biaya berobat semakin mahal saja, terutama untuk berobat di tempat-tempat yang berkelas. Seperti banyak rumah sakit sekarang ini menerapkan biaya berobat yang tidak murah, maka dari itu sering muncul ungkapan “orang miskin tidak boleh sakit” karena tidak akan mampu bayar biaya pengobatan. (Jadi apa hanya orang kaya yang boleh sakit?) :-(
Di siaran-siaran televisi juga sering dikisahkan, orang-orang yang penyakitnya semakin parah tetapi tidak punya biaya untuk berobat, kalau berobat ke puskesmas mungkin masih memungkinkan karena biayanya murah, tetapi untuk kasus penyakit-penyakit tertentu yang mengharuskan berobat di rumah sakit yang canggih, tentu biayanya tidaklah murah. Sungguh sangat menyedihkan melihat penderitaan orang-orang miskin yang tidak bisa berobat, seandainya saja negeri ini bisa seperti di Barat, banyak negara disana yang mengratiskan biaya berobat untuk rakyatnya.
Kembali ke cerita saat menunggu dokter mata datang, dari cerita-cerita para pasien itu, timbul juga rasa ngeri, sedih, takut, karena begitu banyak macam penyakit mata yang mungkin saja bisa kita alami, coba anda bayangkan jika anda kebetulan pas ke dokter spesialis penyakit dalam dan ada pasien-pasien yang bercerita penyakitnya, apakah tidak lebih ngeri lagi ceritanya ?
Tetapi, seperti tulisan saya kemarin, pikiran adalah pelopor, sayapun mulai mencoba melihat semuanya sebagaimana adanya, mengendalikan pikiran agar tidak berpikir yang macam-macam, dan menyadari kesaat-inian. Membebaskan diri dari beban-beban pikiran itu, membuat lebih rileks dan santai. Bukankah semuanya itu hanya permainan pikiran, jika kita bisa mengendalikannya dan tidak terus membawanya dalam pikiran, semuanya akan menjadi lebih tenang dan damai.
Lantas bagaimana caranya agar tidak mudah sakit dan menderita penyakit ? Ini menurut pendapat saya, entah pendapat orang lain, yang pertama, tentunya kendalikan pikiran agar tidak terus membawa beban-beban pikiran yang tidak perlu, sehingga pikiran menjadi tenang dan damai, karena dengan pikiran yang tenang, damai dan lepas, tubuhpun akan merasakan manfaatnya, dan lebih baik lagi kalau anda bisa mempraktekkan latihan meditasi dalam kehidupan sehari-hari. Melakukan doa yang khusyuk juga bermanfaat untuk mengendalikan pikiran. Dan selalu berpikir positif tentu sangat lebih baik daripada berpikir negatif.
Yang kedua, tentunya juga perlu olah raga yang cukup, agar tubuh fisik juga lebih sehat dan kuat, sesuaikan olah raga dengan kemampuan tubuh anda sendiri, jangan berlebihan ataupun kekurangan. Yang ketiga, pola makan yang benar, lebih baik kalau bisa mengkonsumsi banyak buah dan sayuran daripada banyak daging. Kurangi juga pemakaian gula dan garam. Hindari pemakaian bumbu penyedap masakan. Untuk susu, kopi, teh, coklat masih menjadi perdebatan, karena ada yang mengatakan itu baik tapi ada juga yang mengatakan sebaliknya, untuk itu boleh saja mengkonsumsi itu dalam porsi kecil jangan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik.
Yang keempat, anda bisa memberikan tambahan suplemen kesehatan, vitamin dan sebagainya, sesuaikan dengan kondisi tubuh anda sendiri. Lebih baik jika anda suka bisa mengkonsumsi madu murni dan asli, karena itu juga baik untuk tubuh. Yang kelima, tentunya beristirahat yang cukup juga penting, jangan memaksakan diri, karena tubuh ini juga perlu diistirahatkan, jika mobil atau mesin bisa menjadi panas dan rusak karena dipakai terus menerus tanpa henti, apalagi tubuh ini.
Untuk sementara hanya itu yang saya ketahui tentang cara hidup sehat dan supaya tidak sakit, jika ada yang mau memberikan masukan-masukan lainnya, silahkan berikan komentar-komentar anda.
Semoga semua makhluk berbahagia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar