[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Klenteng Banyumas

Rabu, 23 Mei 2012

Klenteng Banyumas

Dua hari yang lalu saya melakukan perjalanan ke klenteng Boen Tek Bio di Banyumas. Klenteng yang terletak di jalan Pungkuran 790 ini mempunyai  tuan rumah Kongco Hok Tek Ceng Sin (Fu Tek Zheng Shen).
Perjalanan ke banyumas dari semarang, kalau lancar memakan waktu 5 – 7 jam, karena rute yang dilalui juga ada jalan yang masih rusak, lumayan berat, di sekitar jalan menuju Purworejo. Sepanjang perjalanan mendekati Purworejo itu, banyak yang berjualan minuman dawet hitam, yang rasanya enak juga. :-)
Sesampainya di klenteng Boen Tek Bio, suasana sudah cukup ramai, karena itu pas malam menjelang tanggal 1 imlek, yang biasanya banyak orang yang datang untuk bersembahyang, terutama sembahyang tengah malam jam 12, menyambut tanggal 1 imlek.
Klenteng Boen Tek Bio cukup luas juga, walaupun tidak seluas klenteng tuban atau klenteng madura (lihat artikel tentang jut bio ke madura). Di Klenteng ini, ada yang istimewa, karena ada altar pemujaan dewa 5 sumur, yang airnya sudah disediakan untuk para pengunjung jika ingin meminumnya atau mau dibawa pulang.
Hawa di banyumas kalau malam sangat dingin juga, apalagi bagi saya yang orang semarang yang berhawa panas. Hal ini karena memang dekat dengan gunung slamet. Jika anda ingin mengetahui tentang kota banyumas silahkan anda cari via google dengan kata kunci banyumas.
Berikut ini, beberapa foto klenteng banyumas, yang bisa saya ambil.



Prasasti Klenteng Boen Tek Bio

Sembahyang bersama di tengah malam

Gedung serba guna

Prasasti gedung serba guna

Lukisan 8 dewa di dinding

Altar Utama Hok Tek Ceng Sin

Altar Dewa Kwan Kong

Aula untuk pertemuan

kamar mandi & WC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar