[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Cinta.. Oh.. Cinta..

Selasa, 06 Maret 2012

Cinta.. Oh.. Cinta..


Ada beragam jenis cinta, dan semuanya ini diungkapkan secara berbeda dalam wujud cinta keibuan, cinta persaudaraan, cinta indrawi, cinta emosi, cinta seksual, cinta egois, cinta tidak egois, serta cinta universal.
Jika orang hanya mengembangkan cinta birahi dan cinta egois terhadap orang lain, cinta seperti itu tak bakal langgeng. Dalam hubungan cinta sejati, jangan kita bertanya seberapa banyak yang bisa kita dapatkan, namun seberapa banyak yang bisa kita berikan.
Tatkala keayuan, kecantikan kulit, dan keremajaan mulai memudar, suami yang hanya memperhatikan aspek-aspek fisik dari cinta barangkali akan berpikiran mencari wanita yang lebih muda. Cinta seperti itu adalah cinta hewani atau nafsu birahi. Jika seorang lelaki sungguh-sungguh menumbuhkan cinta sebagai ungkapan perhatiaan dari seorang manusia kepada manusia lainnya, ia tidak akan hanya menekankan kecantikan luar dan daya pikat fisik dari pasangannya. Kecantikan dan daya pikat pasangan seharusnya terletak dalam hati dan batin pasangannya, bukan pada apa yang ia lihat. Demikian pula, istri yang menjalani ajaran agamanya tidak bakal mengabaikan suaminya kendatipun suaminya telah tua, miskin, atau sakit.
“Saya merasa khawatir melihat gadis masa kini senang menjadi Juliet, senang memiliki selusin Romeo. Mereka menyenangi petualangan …. Gadis masa kini berbusana bukan untuk melindungi dirinya dari angin, hujan, dan terik matahari, namun untuk mencari perhatiaan. Ia menyemarakkan alam dengan mempersolek diri dan tampil luar biasa.” –GANDHI—
Dari buku “A Happy Married Life” oleh Y.M. Dr. K. Sri Dhammananda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar