[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Filosofi Kamar Kebahagiaan

Kamis, 01 Maret 2012

Filosofi Kamar Kebahagiaan


Setiap rumah, setiap tempat umum pasti punya yang dinamakan kamar kebahagiaan. Apa itu kamar kebahagiaan ? disini yang dimaksudkan adalah WC atau kamar kecil. Lho bagaimana ceritanya kok WC atau kamar kecil bisa disebut kamar kebahagiaan ?
Sekarang, coba anda bayangkan, jika anda sedang sangat ingin (kebelet) BAB, anda sedang mencari-cari WC atau kamar kecil, saat anda menemukan WC atau kamar kecil, dan bisa melaksanakan buang hajat, betapa bahagia dan leganya anda, dan andapun bisa ‘melepas’ dengan bahagia.
Pada saat anda akan melakukan perbuatan baik, seperti memberi bantuan, menolong yang sedang kesusahan atau menderita, dsb. Lakukanlah hal itu seperti saat anda sedang kebelet BAB dan menemukan WC untuk melepaskan hajat.
Jangan tunda-tunda keinginan untuk berbuat baik, karena jika ditunda-tunda mungkin anda akan berubah pikiran dan tidak jadi melaksanakannya, sehingga anda batal mendapatkan pahala baik. Dan saat anda melakukan perbuatan baik, lakukanlah dengan kerelaan dan melepas, tanpa pamrih apapun, seperti saat anda merasakan kelegaan setelah buang hajat dan melepaskannya dengan bahagia.
Lakukan segala sesuatu dengan pikiran melepas,
jangan mengharap pujian atau imbalan
(Ajahn Chah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar