[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Jut Bio lagi ke Magelang

Selasa, 20 Maret 2012

Jut Bio lagi ke Magelang

Kali ini saya mengikuti acara Jut Bio ke Magelang. Klenteng Liong Hok mengadakan acara “Kirab Ritual Budaya dan Ruwat Bumi” yang diadakan setiap 5 tahun sekali dan ini merupakan yang kedua kalinya.
Yang mengikuti acara ini ada 37 peserta dari berbagai kota seperti salatiga, semarang, cilacap, jepara, purworejo, bojonegoro, lasem, dsb. Suasananya sangat ramai dan meriah, karena banyaknya perserta yang hadir.
Keesokkan harinya setelah dilakukan sembahyang bersama, lalu diadakan kirab (arak-arakan) rupang-rupang para dewa yang mengikuti acara itu yang berasal dari berbagai kota tersebut, masing-masing membawa “kio” (semacam tandu kecil untuk menaruh rupang dewa yang akan diarak), arak-arakan itu mengelilingi sekitar kota magelang, lalu kembali lagi ke Liong Hok Bio (klenteng Liong Hok), untuk berpamitan dan setelah itu mereka pulang ke kota masing-masing.
Acara kirab (arak-arakan) itu juga dimeriahkan oleh parade liong samsi (tarian naga) juga ada semacam ondel-ondel yang seperti di budaya betawi, juga ada atraksi pertunjukkan sun go kong (kera sakti) dengan guru dan saudara-saudaranya, yang dimainkan oleh klub tari dari semarang.
Pada acara kirab ini, ada hal yang menarik, yaitu orang-orang dari berbagai agama bisa berkumpul bersama untuk merayakan acara ini, bahkan yang memikul tandu untuk arak-arakan itu ada yang beragama islam, tapi mau melakukannya, sungguh sangat indah menyaksikan kerukunan antar agama, maupun kerukunan antar suku.
Malam hari di Liong Hok Bio

Liong Hok Bio dari depan

atraksi tarian naga

tampak depan Liong Hok Bio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar