[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Tips agar hidup tenang

Jumat, 16 Maret 2012

Tips agar hidup tenang

Hidup tenang adalah dambaan setiap orang. Fakta mengungkapkan, meraih ketenangan di tengah hiruk pikuk duniawi bukanlah soal mudah. Ada beberapa hal – yang dikutip dari berbagai sumber – patut diperhatikan agar bisa hidup tenang, yaitu :
   1.   Berdoa
Ketika berdoa kepada Tuhan (asal dilakukan dengan benar dan khusyuk), otak akan dipenuhi gelombang alfa dan tekanan darah menurun. Ini membuat rileks dan mengundang ketenangan.
   2.  Cobalah bermeditasi
Memulai hari dengan meditasi membuat hidup lebih tenang. Biasakan selepas bangun tidur dan saat mau tidur malam, bermeditasi sejenak. Untuk bermeditasi yang benar, bisa bergabung dalam klub atau baca buku tentang meditasi.
   3.   Konsentrasikan pikiran pada satu hal
Jika terbiasa melakukan satu hal sambil memikirkan hal lain, maka segera ubah kebiasaan itu. Untuk hidup tenang, berkonsentrasilah pada sesuatu yang sedang dikerjakan. Ketika sedang menangani pekerjaan di rumah, pikiran jangan melayang ke urusan kantor.
  
4. Nikmati sekeliling anda
Ada kebiasaan melihat sekeliling anda secara sekilas. Suatu saat perlu menikmati dengan seksama. Nikmati lukisan di lorong kantor dengan seksama, maka secuil ketenangan diperoleh dari benda seni itu.
   5. Dengarkan orang lain
Jangan biasakan mendengarkan pembicaraan orang lain setengah hati. Saatnya memberikan perhatian sepenuhnya, niscaya anda bisa lebih menyimak seutuhnya tanpa terburu-buru. Tetapi jika pembicaraan itu hanya gosip-gosip saja, jangan dengarkan, karena hanya akan menjadikan beban pikiran saja.
   6. Cari hikmah dari malapetaka
Malapetaka kerap menggiring kepada kedukaan mendalam. Tapi jangan lama-lama. Cari hikmahnya. Paling tidak, ada sisi positifnya.
   7. Bersyukurlah atas kesenangan hidup
Syukurilah kesenangan hidup. Rayakan kesenangan yang alami, besar atau kecil. Tersenyum dan tertawalah.
   8. Tarik nafas dalam-dalam
Di tengah kesibukan sisakan waktu untuk menarik nafas dalam-dalam. Rasakan dan sadarilah masuk keluarnya nafas. Jangan ragu-ragu. Ketenangan segera muncul seusai tarik nafas itu.
   9. Jangan lupa, nikmati musik
Tak peduli aliran musik apa yang digemari, yang terpenting adalah sempat menikmati alunan musik. Musik akan mengurangi kegelisahan, menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.
   10.  Jangan pikirkan rezeki gede milik orang lain
Selama tetap berusaha, yakinilah Tuhan tetap adil mengucurkan rezekiNya. Jangan silau atau iri atas rezeki gede yang diraih orang lain.
   11.  Hindari gila kerja
Orang gila kerja jangan harap akan memperoleh ketenangan. Penelitian menyebutkan workaholic mudah kena depresi, cemas dan gampang marah.

2 komentar:

  1. thanks gan tas infonya!!!
    mksud gila kerja itu gmna gan yah???

    BalasHapus
  2. ane setuju sama poin 7 tuh gan
    kalau ingin hidup tnang kit harus pandai" bersyukur!!!

    BalasHapus