[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Ulang Tahun : Panjang Umur atau Pendek Umur ?

Selasa, 10 April 2012

Ulang Tahun : Panjang Umur atau Pendek Umur ?


S
aat anda berulang tahun, pasti anda merasa bahagia, apalagi jika teman-teman, saudara dan para kerabat anda merayakannya.  Dan pasti akan  bernyanyi : “Selamat ulang tahun … Panjang Umurnya… “ dan seterusnya.
Pernahkan terpikir oleh anda, sebenarnya saat kita berulang tahun,-- yang pasti umur kita bertambah--, sebenarnya umur kita itu bertambah panjang atau malah pendek ? Mungkin anda berpendapat, saat berulang tahun kita menyanyikan lagu panjang umurnya itu, supaya umur kita ditambah oleh Sang Pencipta, jika misalkan ‘jatah umur’ kita hanya 70 tahun, kita berharap bisa jadi lebih dari itu.
Saat kita berulang tahun, memang umur kita bertambah, yang juga berarti umur kita jadi lebih panjang daripada sebelumnya, tapi sebenarnya, dengan bertambahnya umur kita itu, juga berarti ‘jatah hidup’ kita di dunia ini pun berkurang, karena sudah kita jalani sekian tahun ini.

Jadi sebenarnya saat kita berulang tahun, apakah umur kita bertambah atau berkurang ? Silahkan anda renungkan sendiri, karena persepsi tiap orang berbeda-beda, jadi tidak masalah mau bertambah atau berkurang, yang penting kita masih diberi kesempatan untuk merayakan ulang tahun kita yang kesekian kalinya dan kita harus mensyukurinya.
Saat berulang tahun, ada baiknya kalau kita merayakan secara sederhana saja, tidak perlu bermewah-mewah, akan lebih baik lagi jika saat kita berulang tahun, bisa memberikan sedekah kepada fakir miskin, atau memberikan sumbangan kepada panti-panti asuhan, atau melakukan perbuatan-perbuatan baik lainnya yang bisa memberikan manfaat dan kebahagiaan kepada banyak orang. Karena dengan melakukan perbuatan-perbuatan baik, akan memberikan ‘hasil’ yang baik pula untuk anda diri sendiri. Dan dalam melakukan perbuatan-perbuatan baik itu hendaknya dengan hati yang tulus ikhlas tanpa pamrih apapun.
Dalam melakukan perbuatan baik itu, jika kita tidak mempunyai cukup materi, bisa juga melakukannya dengan bantuan tenaga kita, atau bahkan hanya dengan pikiran yang baik, itupun sudah sangat baik. Disini maksudnya, jika kita tidak punya materi untuk disumbangkan atau tenaga yang membutuhkan, kita bisa pula dengan cara yang sangat mudah, yaitu membaca doa-doa dengan hati yang khusyuk dan tulus dan melimpahkan doa-doa itu untuk kebahagiaan semua makhluk dan diri kita sendiri tentunya.
Dan akhirnya, kepada anda yang sedang berulang tahun, selamat ulang tahun semoga panjang umurnya.. Semoga anda semua berbahagia.. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar