[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Kaya dan Miskin

Jumat, 06 April 2012

Kaya dan Miskin

Apakah kaya itu ? Apakah miskin itu ? Kalau ada yang kaya tanpa ada yang miskin, apakah bisa disebut kaya ? Coba anda bayangkan jika semua orang menjadi kaya dan tidak ada lagi yang menjadi penjual nasi bungkus, atau jadi petani atau jadi pengamen, apalah gunanya semua kekayaan itu ? Dimanakah anda akan menpergunakan kekayaan anda, karena semua orang telah menjadi kaya dengan kekayaan yang sama dengan anda.
Karena itu seharusnya orang kaya bersyukur karena ada orang  miskin, jadi biasa mempergunakan kekayaannya untuk membantu yang miskin, sedangkan yang miskin juga harus bersyukur karena ada orang kaya yang bisa membantunya. Tapi yang perlu diingat, janganlah mempergunakan kekayaan anda untuk mempermainkan, menghina, mencelakai orang  miskin, karena hukum karma selalu berlaku.

Demikianlah kaya dan miskin merupakan konsep-konsep yang dibuat oleh manusia sendiri, karena pada dasarnya semua manusia sama adanya, yang membedakan adalah hal-hal atau benda-benda diluar dirinya, seperti warna kulitnya, keelokkannya, harta bendanya, dan sebagainya.
Tetapi apa yang sekarang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, jika orang menjadi kaya akan menjadi sombong akan kekayaannya, menyepelekan orang-orang miskin, seperti cerita-cerita di sinetron atau film, ada pria miskin yang menyukai wanita dari keluarga kaya dan terpandang, bisa dipastikan cintanya pasti akan banyak rintangan dan halangan, terutama dari pihak keluarga wanitanya, kalau di cerita-cerita sinetron dibuat akhir yang bahagia, dengan bersatunya pria miskin dengan wanita keluarga kaya itu, tapi dalam kenyataannya tidaklah seindah cerita-cerita itu.
Seharusnya kita menyadari, bahwa semua kekayaan kita hanya sementara atau sering diistilahnya “hanya titipan dari Tuhan”, tapi kita melekat padanya dan menganggap semuanya itu hasil jerih payahnya, jadi tidak akan dibagikan untuk menolong orang yang lebih kurang beruntung darinya, inilah yang sering dan selalu terjadi di kehidupan nyata.
Hidup ini menjadi indah karena ada si kaya dan si miskin, jadi lebih berwarna, dan jika anda menjadi si kaya, tidak seharusnya anda menjadi sombong dan kikir karena kekayaan anda, karena semuanya hanya sementara dan roda kehidupan selalu berputar, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kelak kemudian hari, jika tiba-tiba si miskin berubah jadi kaya, sedangkan si kaya mengalami kebangkutan dan menjadi si  miskin.
Ingatlah selalu, jika anda kaya, janganlah sombong dan menbanggakan kekayaan anda, bantulah orang-orang yang membutuhkan bantuan, jangan menghina atau merendahkannya, karena kita tidak pernah tahu, jika suatu hari nanti, orang yang anda bantu itu bisa menjadi kaya dan bisa membantu anda saat anda sedang mengalami kesulitan. Hidup selalu berputar dan tidak kekal, ingatlah itu !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar