[Toko Makmur Sentosa] | [tutup]
PASAR HOLISTIK: Cegah Kanker Kulit dengan Kunyit

Minggu, 01 April 2012

Cegah Kanker Kulit dengan Kunyit

Rempah-rempah yang membuat kari berwarna kuning ini, yang biasa disebut kunyit atau kunir, mampu melawan kanker kulit. Peneliti Amerika Serikat menyatakan hal itu beberapa waktu yang lalu. Mereka menyatakan curcumin, yang terkandung pada kunyit mampu bertarung dengan sel  kanker atau Melanoma.
Serangkaian tes di laboratorium menunjukkan curcumin mampu membuat kanker sel melanoma menghancurkan diri sendiri. Proses itu dinamakan apoptosis. Tim peneliti yang sama, sebelumnya juga menemukan curcumin mampu melawan penyebaran kanker payudara. Hal itu diketahui setelah diujikan pada tikus percobaan.
Bharat Aggarwal dari Departement of Experimental Therapeutics University of Texas melakukan percobaan atas sel melanoma yang dinamakan sel lines. Kunyit yang diaplikasikan dalam berbagai dosis dan waktu berlainan, ternyata curcuminnya mampu menekan dua jenis protein yang biasanya digunakan sel tumor untuk bertahan hidup. Demikian terungkap dalam jurnal tentang kanker.
Ingin terhindar dari kanker ? Aggarwal menyarankan untuk mengkonsumsi kunyit sebanyak mungkin. Minimnya penemuan kasus kanker pada orang-orang yang rajin memakan rempah-rempah ini, telah membuktikan hal itu.

Berikut ini beberapa khasiat lainnya dari kunyit :
Rimpang kunyit secara umum mengandung minyak atsiri, zat damar, dan pati serta tanin. Dengan kandungan senyawa-senyawa tersebut tidak heran kalau kunyit memiliki kemampuan berkhasiat obat untuk  :
Untuk obat penyakit cacar, obat luka, eksim kudis, sampai ke obat telinga bernanah (ottorrhoca) juga godokan rimpangnya bisa dijadikan ” in haler” dalam bentuk uap yang dapat menyembuhkan radang selaput hidung, flu, atau penyumbatan lubang hidung.
Air godokan kunyit dapat memperlancar aliran air seni, obat diare, serta penambah nafsu makan, juga untuk mengatasi gangguan penyakit mag, perut kembung sampai kehipertensi (Tekanan darah tinggi).
Sebagai pengawet makanan. Tukang pindang menambahkan larutan rimpang kunyit pada ikan yang diolah agar tahan lama dan tidak membusuk.
Sebagai penghalus kulit. Para wanita dan putra-putri solo selalu rutin meminum kunyit asam untuk menjaga kesehatan dan kehalusan kulit.
Sebagai herbal alami untuk sakit; radang gusi, asma, bengkak-bengkak, encok, sakit perut dan disentri.
Untuk memperlancar keluarnya ASI. Kunyit yang masih muda baik dimakan oleh ibu-ibu yang sedang menyusui, sehingga ASI bisa keluar dengan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar